Kebijakan Fiskal

Tingginya inflasi menyebabkan penyimpangan dalam sebuah perekonomian. Hal ini dikarenakan terjadi ketidakwajaran dimana harga barang baik barang kebutuhan pokok maupun susbtitusi naik dan dalam waktu yang relative lama. Akhinya mengakibatkan tidak stabilnya kodnisi perekonomian suatu negara dikarenakan uang beredar semakin tidak terkendali dan berimbas pada jatuhnya nilai uang.

Bangsa Indonesia pernah mengalami hal ini, sehingga waktu itu akhirnya dilakukan Kebijakan Scenering (pemotongan nilai uang). Ada 2 alternatif untuk mengatasi inflasi ini, yaitu dengan Keijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal. Kebijakan Moneter dilakukan dengan mengatur uang beredar dan tingkat suku bunga bank.

Kebijakan Fiskal adalah tindakan beredar untuk mengatur inflasi dengan anggaran belanja negara dan biasanya dikatikan dengan perpajakan. Contoh konkrit adalah dengan membebankan PPN pada setiap produk, dengan adanya Pajak Pertambahan Nilai diharapkan konsumen berfikir untuk hidup konsumtif.

Kebijakan Fiskal dapat diterapkand alam berbagai segi , misal dilihat dari cara pembayaran. Ada istilah Pajak Langsung dan Pajak Tak Langsung. Dimana Pajak Langsung  dikenakan langsung kepada subjek pajak (dibebankan terutang) dan tidak bisa dibebankan kepada pihak lain. Contoh dari pajak ini adalah Pajak Kendaraan motor.

Sedang Pajak Tak Langsung adalah pajak yang tidak langsung menjadi beban subjek pajak, misal pajak cukai, pajak rokok. Ada baiknya Kebijakan Fiskal sejalan dengan Kebijakan Moneter supaya masalah inflasi segera terselesaikan dan tidak menimbulkan masalah baru dikemudian hari. Penyelesaian suatu masalah ekonomi juga perlu berkesinambungan antara kebijakn yang satu dengan kebijakan yang lain, hal ini yang menjadi salah satu alasan juga mengapa perlunya penerapan tadi dilakukan berbarengan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s