Perdagangan Antar Negara

Perdagangan adalah warisan nenek moyang kita bangsa Indonesia. Seperti kita ketahui bangsa Indonesia terkenal atau maju karena perdangan. Melihat kebelakang salah satu adanya bangsa Indonesia dari perdagangan dimulai dari datangnya bangsa eropa dan juga timur tenggah yang menyebarkan  atau menanamkan ilmu pengetahuannya.

Memasuki era globasasi perdagangan tidak hanya untuk tujuan pertukaran komodity tetapi lebih dari itu sebagai penguat hubungan bilateral antar negara, dimana politik ikut menjadi bumbu didalamnya. Diluar dari kepentingan – kepentingan tersebut perdangangan sangat membantu penyediaan kebutuhan akan barang suatu bangsa.

Sekarang bagaimana dengan bangsa Indonesia sudah siapkah bersaing dalam perdagangan global? Kita ketahui bahwa sekarang kita sudah memasuki era globalisasi dimana kualitas sangat menjadi penentu selain kemudahan akses yang dibutuhkan seperti pengurusan ijin, tarif cukai maupun pajak.

Regulasi pemerintah untuk mengatur pasar global ini harus segera dibuat dan ditetapkan secara bijaksana tanpa menguntungkan salah satu pihak. Hal ini agar kualitas komodity segera bisa dibuat parameternya. Diluar semua itu hal terpenting adalah bagaimana cara agar produk dalam negeri bisa menjadi raja dirumahnya sendiri (bangsa Indonesia).

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s