Pendapatan Nasional

Salah satu indicator dari kemajuan atau kemakmuran suatu bangsa adalah dilihat dari tingginya meratanya pendapatan nasional. Hal ini dikarenakan dengan pendapatan nasional kita bisa mengukur tingkat pengeluaran atau konsumsi dan saving. Tingkat konsumsi sendiri mencerminkan daya beli masyarakat sebagai tolok ukur kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya yang pada akhirnya dijadikan patokan kesejahteraan rakyat.

Menilik ke bangsa Indonesia, jika dilihat seberapa lama bangsa Indonesia merdeka tentu sangat ironis dikarenakan masih banyak rakyat yang hidup dibawah garis kesejahteraan sebagai contoh masih banyak rumah kumuh, masih banyak orang meminta – minta dipinggir jalan, pelayanan kesehatan yang kurang memadai, hal ini tentunya harus menjadi koreksi mengapa  bisa terjadi. Apakah sistem pemerintahan yang salah atau sikap bangsa ini yang skaptis dimana masih membeda – bedakan golongan, atau hal lainnya????

Ada beberapa hal yang mungin bisa menjadi koreksi, mari kita lihat dulu dari segi SDM, kita tingkatkan SDM dengan pemerataan pendidikan, pelayanan kesehatan dan juga pemerataan kesempatan kerja (penyediaan lapangan  kerja).

Pemerintah harus bisa menjaga stabilitas politik dan ekonomi, karena hal ini dapat membantu meningkatkan perekonomian disamping masuknya investor. Pengendalian mutu barang produksi juga bisa kita lakukan agar produk barang atau komodity bisa bersaing di pasar global guna meningkatkan GDP dan GNP.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s